Perancangan Ruang Edukasi Anak Terbuka dengan Konsep Biophilic Architecture di Kabupaten Pohuwato
Abstract
Perancangan taman edukasi anak di kabupaten pohuwato dengan pendekatan Arsitektur Biophilic merupakan upaya untuk menghasilkan suatu rancangan kawasan fasilitas rekreasi edukasi bagi masyrakat umum khususnya anak-anak di kabupaten pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan lokasi dan site yang sesuai dengan lokasi peruntukan untuk fungsi perancangan taman edukasi anak di kabupaten pohuwato, dan 2) mendapatkan rancangan konsep mikro terkait dengan fasilitas, kebutuhan ruang, dan tampilan bangunan pada perancangan taman edukasi anak dengan pendekatan arsitektur Biophilic dengan tetap memperhatikan aspek utilitas dan struktur. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yanitu metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data-data terkait objek rancangan melalui observasi dan tinjauan pustaka untuk mendapatkan kebutuhan ruang dalam objek rancangan. Hasil penelitian yaitu desain atau rancangan kawasan taman edukasi anak di kabupaten pohuwato yang sesuai dengan lokasi peruntukkannya dengan tampilan bangunan yang sesuai dengan konsep arsitektur Biophilic.





